Cara Menata Ruang Makan Yang Elegan

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menata ruang makan keluarga kecil kita. Agar berkesan elegan, cara menata ruang makan memang harus diperhatikan. Karena selain untuk makan, ruang makan juga sebagai tempat untuk bercengkrama dengan keluarga, sehingga kita pun perlu merasa nyaman. Penataan ruang makan yang baik adalah yang akan menentukan nyaman atau tidaknya ruangan tersebut. 

interior ruang makan minimalis
gambar interior ruang makan minimalis

Untuk menata ruang makan yang elegan, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah memilih gaya desain interior. Sebaiknya gaya desain interior yang Anda inginkan juga sesuai dan serasi dengan ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah Anda, sehingga akan tercipta suatu harmonisasi yang indah. Perhatikan juga faktor pencahayaan, untuk menampilkan kesan visual yang elegan dan terlihat apik, cara menata ruang makan dengan menempatkan cahaya yang berpusat di atas meja adalah hal yang patut dicoba. Jarak penempatan lampu di atas meja idealnya kurang lebih 0,76 meter. 

 Desain Ruang Makan Terbuka Floating outdoor dining room design
 Desain Ruang Makan Terbuka Floating outdoor dining room design

Selanjutnya cara menata ruang makan yang kedua adalah dengan menentukan meja makan. Perhatikan bentuk dan ukuran. Untuk ruangan yang tidak terlalu luas, Anda dapat menempatkan meja bundar di ruangan tersebut dan sebaliknya jika ruangan Anda luas, pilihlah meja yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Setelah itu pilihlah kursi yang bersandaran tegak agar kita nyaman saat makan. Sesuaikan dan kombinasikan tinggi rendahnya meja dan kursi. Ketika kita duduk, hendaknya tinggi meja berada di atas perut dan masih di bawah dada. 

 dekorasi ruang makan minimalis
 dekorasi ruang makan minimalis

Untuk memberikan nilai estetika yang lebih, gunakan aksesoris lain sebagai tambahan di ruang makan Anda. Misalnya, lukisan, vas bunga, dan lain-lain. Untuk membuat meja Anda tidak terlihat berantakan, gunakan meja samping (credenza). Selain bisa sebagai hiasan, ini akan berguna untuk meletakkan makanan yang akan disajikan ataupun untuk piring dan gelas kotor. Untuk membuat kabinet pantry, rak penyimpanan atau sekedar memajang lukisan, manfaatkan dinding ruang makan. Cara menata ruang makan yang terakhir adalah, jika jenis lantai ruang makan anda kayu, gunakan karpet untuk menambah daya tarik ruangan agar menjadi lebih terkesan elegan.

Cara Menata Ruang Makan Yang Elegan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Utami Ningrum