Tips Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah Dengan Mudah

Anda mungkin sering mengalami kesulitan dalam menghitung kemiringan atap rumah anda. Untuk menghitungnya dengan langsung naik keatas atap pun sulit, karena letak atap rumah anda yang tinggi atau karena alasan-alasan lainnya. Untuk rumah di daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi, harus diperhatikan kemiringan atapnya. Anda tidak bisa asal-asalan dalam membuat atap rumah anda. Ketika membuat kemiringan sebuah atap, harus diperhatikan bagaimana atap tersebut bisa mengalirkan air hujan dengan baik. Ada banyak cara menghitung kemiringan atap rumah

Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah
Untuk rumah dengan curah hujan rendah bisa membuat kemiringan atap yang agak landai sedangkan untuk rumah dengan curah hujan tinggi harus membuat atap dengan kemiringan atap yang cukup tinggi supaya bisa menahan air dan angin dengan baik. Sudut kemiringan atap rumah sekitar 30-40 derajat. Jika terlalu miring atap, akan membuat pemasangan genteng sulit dan mudah melorot. Sedangkan jika terlalu landai akan membuat air hujan sulit untuk mengalir dengan baik, apalagi jika terkena angin saat hujan deras. Cara menghitung kemiringan atap rumah bisa dengan menggunakan perkiraan kertas putih. 

Cara menghitung kemiringan atap rumah yang pertama siapkan kertas karton atau bisa dengan menggunakan triplek. Pasang seutas benang pada bagian pojok kertas dengan menggunakan paku atau jarum kemudian pada pojok satunya dengan memasang sebuah pemberat. Arahkan pinggir karton supaya segaris dengan atap rumah. Jika atap masih dibangun, pasang satu garis sebagai titik tertinggi atap. Pastikan lembar kertas tegak lurus agar perhitungan bisa lebih tepat. 

Pada saat menghitung pastikan benang tidak berayun, jika benang sudah tidak berayun. Benang akan menunjukkan arah gravitasi bumi. Kemudian tahan benang dengan posisi tersebut kemudian tandai dengan simbol X. buatlah sudut A yaitu sudut yang dibuat benang ketika ditarik. Tarik garis tegak lurus antara sudut X dan sudut A, maka akan membuat sudut baru dengan tanda C. Antara sudut A dan C akan membentuk sudut B dengan besar sudut 30 derajat. Segitiga ABC adalah ukuran dari kemiringan atap. Semakin besar sudut ABC semakin akurat perhitungan kemiringan atapnya. Itulah cara menghitung kemiringan atap rumah yang cukup rumah, anda bisa mencobanya tanpa harus naik ke atap rumah anda.

Tips Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Utami