Bahan Plafon Rumah yang Aman dan Tahan Lama

Plafon rumah merupakan bagian rumah yang menjadi pembatas antara ruang di dalam rumah dengan atap yang berada di atasnya. Pemasangan plafon selain sebagai langit-langit rumah juga mempunyai fungsi sebagai pengatur suhu di dalam ruangan agar tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin serta menjadi tempat untuk menyembunyikan aliran-aliran kabel listrik sehingga mampu memberikan keamanan dari bahaya aliran listrik. Pemilihan bahan plafon rumah yang tepat menjadi bagian penting yang harus diperhitungkan dalam mendekorasi sebuah rumah. 

bahan plafon rumah

Selain mempunyai fungsi kesehatan dan keamanan, pemasangan plafon rumah mampu memberikan nilai estetika yang tinggi untuk dekorasi sebuah rumah. Penerapan model dan bahan plafon rumah yang di desain secara cermat dan teliti mampu memberikan kesan megah, menawan untuk bagian rumah anda. Secara umum, plafon yang digunakan pada rumah-rumah saat ini lebih pada penggunaan model plafon yang polos dengan tambahan list dibagian pinggirnya akan tetapi apabila anda menghendaki estetika yang lebih tinggi anda dapat mendesain plafon rumah anda dengan ukiran-ukiran lembut sehingga terkesan lebih artistic. 

Ada banyak bahan yang digunakan sebagai bahan pembuatan plafon rumah antara lain triplek, gypsum, GRC, kayu serta metal. Masing-masing bahan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga harus benar-benar mengetahui spesifikasi dari masing-masing bahan tersebut agar sesuai dengan kebutuhan anda. Penggunaan bahan plafon untuk rumah yang terbuat dari metal saat ini masih menjadi bahan yang paling aman dan tahan lama jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Bahan plafon rumah dari metal ini mampu melindungi rumah dari air yang merembes dari atap, melindungi dari serangan rayap serta terkenal tahan lama. Selain itu, terbuat dari lapisan metal mampu dicetak dengan berbagai macam motif yang kemudian dipadukan dengan warna yang pas sehingga mampu memberikan nilai estetika yang tinggi. 

Sedangkan bahan plafon rumah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah plafon yang terbuat dari bahan gypsum. Plafon gypsum menjadi faforit masyarakat karena pengerjaannya yang mudah serta hasil yang terlihat lebih rapi. Model serta desain plafon yang digunakan juga mampu disesuaikan dengan selera pemilik rumah karena plafon gypsum tersedia dalam berbagai model dan desain. Selain itu bahan gypsum mampu dibuat dalam berbagai macam bentuk sesuai dengan kondisi ruangan.

Bahan Plafon Rumah yang Aman dan Tahan Lama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Utami Ningrum