Faktor Yang Mempengaruhi Ukuran Tinggi Plafon Rumah Ideal

Pembatas antara atap dengan ruangan dibawahnya sering disebut plafon. Plafon bermanfaat untuk menghalagi terik matahari, meredam suara serta tempat untuk menyembunyikan pemasangan aliran listrik. Tinggi plafon rumah ideal biasanya adalah 4 hingga 7 meter. Akan tetapi kini ketinggian plafon menjadi relatif berdasarkan selera. Kini tinggi plafon suatu rumah bisa beragam sebab biasanya sang pemilik menggunakan plafon sebagai tambahan hiasan arsitektural untuk rumah mereka. Berikut ada beberapa alasan yang membuat tinggi plafon rumah yang ideal beragam. 

Faktor Yang Mempengaruhi Ukuran Tinggi Plafon Rumah Ideal

Faktor iklim turut mempengaruhi tinggi plafon rumah ideal. Zaman dahulu orang membuat plafon sekitar 250-260cm akan tetapi kini orang cenderung membangun plafon cukup tinggi, faktor iklim mempengaruhi pembangunan plafon tersebut. Rumah yang berada pada daerah beriklim dingin biasanya menggunakan plafon rendah misal negara Jepang atau Eropa. Biasanya plafon tingginya hanya 240-250cm hal ini agar ruangan tetap hangat. Daerah tropis cocok menggunakan plafon yang tinggi sebab bisa memperlancar sirkulasi udara sehingga tak lembab. 

Tinggi plafon rumah ideal juga dipengaruhi oleh faktor estetika. Pembuatan tinggi plafon berdasarkan estetika ini merupakan selera dan keindahan dari plafonya. Akan tetapi selain memperhatikan keindahan sebaiknya plafon juga dibuat dengan proporsional. Misalnya ruangan yang luas tentu sebaiknya menggunakan plafon yang tinggi agar tak lembab. Tinggi plafon rumah ruang keluarga ideal biasanya adalah sekitar 6-7m itu jika ruang keluarga anda mengikuti ukuran stadar sekitar 7 x 5 meter tanpa ada sekat diruangan tersebut. 

faktor lain yang mempengaruhi tinggi plafon rumah ideal adalah adanya loft atau void. Void merupakan ruang kosong dilantai dua agar pandangan dapat terarah menuju plafon pada lantai dua. Jika bangunan anda bertingkat dua maka plafon tinggi memang akan ada dengan sendirinya. Selain itu void juga bisa dimaksudkan sebagai ruangan terbuka tanpa atap dirumah anda. Kini sering kita lihat bahwa ada bagian rumah yang kan kiri tertutup rapat disinilah peran void agar sirkulasi udara lancar. Peran plafon disini bisa mempercantik void dan memberikan pencahayaan yang baik bagi rumah anda.

Faktor Yang Mempengaruhi Ukuran Tinggi Plafon Rumah Ideal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Utami Ningrum