Beberapa Tips Memilih Bahan Bangunan Yang Tepat

Sebuah bangunan yang bagus dan kokoh tentunya juga karena faktor bahan bangunan itu sendiri. Makanya untuk menjadikan sebuah bangunan yang kokoh dan kuat serta bertahan lama anda butuh pengetahuan dan juga keahlian untuk memilih bahan bangunan yang baik. Disini saya akan berbagi beberapa tips memilih bahan bangunan yang semoga akan berguna untuk Anda yang sedang memutuskan ingin membuat atau membangun sebuah bangunan baru. 

 tips memilih bahan bangunan
 Gambar Jenis Bahan Bangunan Rumah Minimalis

Yang pertama untuk memilih pasir, pasir yang bagus adalah pasir yang bersih dari kandungan lumpur. Jika tidak benar-benar bersih hal ini akan berdampak pada pemborosan pemakaian bahan bangunan lain yaitu semen pada saat sedang melakukan pengecoran beton. Tips memilih bahan bangunan yang kedua adalah pilihlah besi beton dengan kualitas bagus yang akan membuat kekuatan struktur bangunan yang kokoh. Untuk pemilihan semen, sebenarnya semen yang ada di pasar hampir memiliki kesamaan dan susah dibedakan. Tapi untuk memilih yang terbaik, sebaiknya menggunakan semen yang sudah ada mereknya, jadi bukan semen yang abal-abalan dan tidak bermerek walaupun harganya jauh lebih murah. 

Selanjutnya tips memilih bahan bangunan untuk memilih batako atau bata merah ciri-ciri bahan yang bagus adalah yang keras dan tentunya tidak mudah pecah serta memiliki ukuran seragam. Memang sebenarnya bata merah dari segi kekuatan lebih kuat dari pada batako, tapi jika dana yang tersedia tidak mencukupi, menggunakan batako juga tidak apa-apa. Kemudian untuk tips dalam memilih bahan bangunan kayu, beberapa hal yang musti diperhatikan adalah kadar kayu tersebut. Kadar air harus dibawah 20% supaya konstruksi bangunan kuat. Kayu kamper samarinta dan kamper rasamala serta kayu dari Kalimantan adalah kayu yang kuat yang cocok untuk bahan bangunan. 

Tips memilih bahan bagunan yang terakhir untuk genteng adalah pilih genteng yang terbuat dari tanah liat atau beton. Tapi jika menggunakan genteng tanah liat atau beton Anda harus benar-benar membuat kerangka atap atau kuda-kuda dengan sangat kuat. Tetapi selain hal-hal diatas ada satu lagi hal yang perlu Anda tahu dan juga penting adalah jika membeli bahan bangunan lihatlah musim. Karena perkembangan harga material bangunan juga berdasarkan musim. Sebaiknya jangan memutuskan untuk memulai mendirikan bangunan di awal musim hujan karena akan banyak kerusakan atau kehilangan yang disebabkan oleh hujan. Semoga tips dalam memilih bahan bangunan ini berguna bagi Anda. Salam.

Beberapa Tips Memilih Bahan Bangunan Yang Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Utami Ningrum