Cara Menghemat Biaya Renovasi Kamar Mandi

Ketika keadaan kamar mandi sudah terlalu kotor, lantai kamar mandi sudah berkerak dan beberapa bagian tembok yang sudah rapuh. Itu pertanda saatnya anda untuk merenovasi kamar mandi anda. Dengan harga bahan bangunan yang semakin mahal dan juga biaya tukang bangunan juga semakin naik, membuat sebagian orang mengurungkan untuk merenovasi kamar mandi. Padahal kamar mandi yang bersih dan sehat akan memberikan dampak yang baik pada penghuninya. Untuk menghemat biaya renovasi kamar mandi anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini. 

Biaya Renovasi Kamar Mandi




Sebelum melakukan renovasi kamar mandi anda bisa menentukan seperti apa kamar mandi yang ingin anda buat. Carilah beberapa referensi model dan desain di internet atau anda bisa berkonsultasi dengan arsitektur. Lakukan sedikit survei harga bahan bangunan untuk lebih menghemat biaya renovasi kamar mandi. Kalau bisa carilah toko bangunan yang menerapkan system pembayaran dengan cara kredit. Jadi anda bisa lebih merinci uang yang harus anda keluarkan setiap bulannya. Selain itu anda juga bisa mengalokasikan uang ke biaya lain yang tak bisa dicicil seperti gaji kontraktor atau tukang bangunan. 


Cobalah untuk mencari kontraktor atau tukang bangunan yang berpengalaman dalam mendesain kamar mandi. Ketika anda asal-asalan memilih tukang bangunan dan ternyata hasil akhir tidak sesuai keinginan anda. Akan membuat anda mengeluarkan biaya renovasi kamar mandi lagi. Tanyalah pada teman, kolega atau rekan kerja untuk menemukan kontraktor yang terpercaya dan berpengalaman. Anda bisa memilih kontraktor dengan sistem borongan, biasanya akan lebih murah daripada kontraktor non borongan. 

Cara terakhir untuk menghemat biaya renovasi kamar mandi adalah dengan memilih furniture kamar mandi dengan harga yang murah tetapi tidak murahan. Kalau furniture kamar mandi anda masih bisa digunakan, anda cukup membersihkannya supaya terlihat lebih bersih. Biasanya anda tukang bangunan yang khusus membersihkan kamar mandi. Jika anda harus mengganti furniturenya pilihlah furniture dengan kualitas yang bagus. Jangan membeli furniture yang murah dan kualitasnya buruk. Itu akan membuat furniture cepat rusak dan membuat anda mengeluarkan biaya renovasi kamar mandi lagi.

Cara Menghemat Biaya Renovasi Kamar Mandi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Utami Ningrum