Kamar Mandi Dibawah Tangga Nyaman dan Tidak Sempit

Ketika anda mempunyai rumah minimalis yang berlantai 2 akan ada satu space ruangan kosong yang terkadang tidak difungsikan yaitu pada bagian bawah tangga. Tangga merupakan ornamen yang penting untuk sebuah rumah bertingkat, Space di bawah tangga biasanya hanya di dibiarkan saja atau sebagai gudang. Tetapi ketika mengfungsikan sebagai gudang akan membuat desain rumah anda jelek dan tidak menarik. Sebenarnya anda bisa memanfaatkan space tersebut untuk ruangan lain seperti kamar mandi dibawah tangga atau dibuat rak untuk tempat sepatu anda. 


Alternative yang bisa anda gunakan untuk memanfaatkan tempat kosong dibawah tangga adalah dengan membuat kamar mandi. Anda bisa membuat kamar mandi kecil dengan desain yang elegan dan minimalis. Sebelum membuat kamar mandi dibawah tangga ukur tinggi lantai sampai ke dak anak tangga dan juga ukur luas ruangan. Sehingga anda bisa memastikan seperti apa desain kamar mandi yang tepat. Misal ruangan bawah tangga berukuran 1,7 x 2,54 cm, dengan ukuran seperti itu sudah cukup untuk membuat kamar mandi yang nyaman untuk beraktivitas. Tetapi masalah utamanya pada bagian yang terbentur dak anak tangga, anda bisa sedikit menyiasati dengan menurunkan lantai anda sekitar 50cm. Sehingga anda bisa beraktivitas dengan nyaman di kamar mandi. 

 

Penataan ruang kamar mandi dibawah tangga harus diperhatikan, dengan tinggi kamar mandi anda bisa menyiasati dengan meletakkan tata ruang yang benar. Misal anda membuat kamar mandi dibawah tangga yang menggunakan shower. Anda harus jeli dimana anda harus meletakkan bagian shower, wastafel dan juga kloset. Jika anda membuat kamar mandi dengan bak mandi, anda bisa meletakan bak mandi dibawah tangga yang lebih rendah. Pada kamar mandi shower anda juga harus memperhatikan jenis lantai yang digunakan, pada area shower anda bisa menggunakan batu koral, selain tidak licin ketika terkena air juga bisa dijadikan sebagai pijat refleksi pada kaki anda. 

 
Secara alami sumber pencahayaan di kamar mandi dibagi menjadi dua bagian yaitu pencahayaan dari lampu dan dari sinar matahari. Untuk menghemat energi buatlah pencahayaan yang baik dengan meletakan kaca bening untuk kamar mandi yang dipasang pada bagian tembok. Jika pencahayaan baik pada siang hari anda tak perlu menggunakan lampu untuk menerangi kamar mandi dibawah tangga. Pencahayaan yang baik akan membuat kamar mandi tidak lembab dan tidak berjamur. Pada bagian dinding kamar mandi dibawah tangga anda bisa menambahkan akses keramik dengan kombinasi batu alam. Itu akan membuat kamar mandi anda terlihat lebih natural dan alami.

Kamar Mandi Dibawah Tangga Nyaman dan Tidak Sempit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Utami