Langkah-langkah Memilih Pegangan Pintu Rumah Minimalis

Selain memudahkan saat kita membuka dan menutup pintu, handle atau pegangan juga berfungsi untuk mempercantik tampilan pintu, meskipun pintu yang dibuat tidak memiliki desain khusus. Seringkali variasi pegangan pintu yang dibuat semata-mata bertujuan untuk meningkatkan nilai estetika dari sebuah rumah, mulai dari bentuk, warna, aksesoris,dan sebagaimya. Bahan yang digunakan pun bermacam-macam. Ada yang terbuat dari kayu, alumunium, stainless, bahkan kuningan. Lalu pegangan pintu yang seperti apa yang cocok digunakan pada pegangan pintu rumah minimalis?berikut ini akan kami berikan langkah-langkahnya. 

Langkah-langkah Memilih Pegangan Pintu Rumah Minimalis

Yang pertama, pilihlah pegangan pintu rumah minimalis anda dengan pegangan pintu yang terbuat dari bahan-bahan yang aman dan berkualitas. Sebagaimana fungsi utama dari pegangan pintu adalah memudahkan kita dalam membuka dan menutup pintu hendaknya tidak melukai siapapun. Pilihlah material yang tidak terlalu keras dan tidak mudah berkarat, sehingga tidak membahayakan bagi orang-orang yang akan membuka dan menutup pintu, terlebih lagi anak kecil. Meskipun faktor estetika sangat dikedepankan, namun faktor keamanan juga tidak bisa dikesampingkan. 

Yang kedua, sesuaikan bentuk handle atau pegangan pintu dengan fungsi ruangan. Untuk pintu kamar mandi tentunya handle atau pegangan pintunya tidak sama dengan pintu kamar tidur. Sesuaikan bentuk pegangan pintu dengan desain rumah anda. Untuk desain rumah minimalis, pegangan pintu rumah minimalis modern akan lebih sesuai dibanding dengan bentuk pegangan pintu yang didominasi oleh ukiran. Karena model pegangan pintu dengan detail ukiran akan lebih cocok digunakan pada rumah bergaya klasik. Ada baiknya jika anda memilih warna pegangan pintu yang sesuai dengan warna pintu. Hindari memilih warna yang mencolok dan merusak keindahan. 

Selain memperhatikan nilai estetika hendaknya juga perlu diperhatikan dari segi keamanan bagi seluruh anggota keluarga. Demikianlah beberapa langkah yang bisa anda coba ketika memilih pegangan pintu rumah minimalis anda. Semoga bisa dijadikan referensi dan inspirasi untuk mempercantik tampilan rumah anda. Jangan lupa gunakan door stop (penahan pintu) agar pegangan pintu tidak merusak tembok yang ada dibelakangnya.

Langkah-langkah Memilih Pegangan Pintu Rumah Minimalis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Utami Ningrum